6 Hal Yang Menyebabkan Stick Controller Rusak

Dalam bermain video game peran sebuah stick controller sangatlah penting, dengan menggunakan stick controller yang prima permainan akan menjadi sangat menyenangkan. Sebaliknya jika stick controller mengalami masalah, sebagus apapun game yang di mainkan akan menjadi sia-sia. Dan bahkan dengan stick controller yang prima dapat menentukan kemenangan dalam bermain video game.


Masalah yang sering muncul saat stick controller rusak antara lain tidak berfungsinya tombol, stick bergerak tidak beraturan, hingga stick controller tidak berfungsi sama sekali atau mati. Jadi sebelum masalah itu terjadi sebaiknya para gamer mengetahui apa saja yang dapat menyebabkan sebuah stick controller mengalami kerusakan. Dan berikut adalah beberapa penyebab stick controller tidak berfungsi atau rusak.


1.Player atau Pengguna.
Tidak bisa di pungkiri kalau penyebab stick controller rusak adalah penggunanya sendiri. Pemain atau player biasanya akan larut dalam permainan yang secara tidak sadar player sudah menekan tombol pada stick controller dengan kuat. Menekan tombol dengan tekanan yang berlebihan dapat menyebabkan karet tombol berlubang, sehingga tombol tidak dapat memantul kembali bila di tekan. Jika pada analog controllernya yang mendapat tekanan yang berlebih, tuas pada analog bisa patah sehingga analog tidak dapat berputar kembali.

2.Jenis game.
Jenis atau genre game juga berpengaruh terhadap stick controller, biasanya game bergenre fighting atau adu jotoslah yang sering mengakibatkan stick controller rusak, kenapa? Karena pada permainan jenis ini player biasanya harus menekan tombol secara berulang-ulang dengan cepat. Hal ini selain dapat mengakibatkan tombol berlubang atau robek, juga dapat mengakibatkan tombol longgar bahkan pecah pada penyangga bagian dalamnya. Kalau sudah seperti ini bermain akan tidak nyaman karena di sertai bunyi pada tombol yang longar tadi saat di tekan.

3.Type atau merk stick controller.
Dari beberapa type atau merk stick controller juga dapat mempengaruhi kualitas saat bermain video game. Biasanya stick controller dengan harga murah tidak bertahan lama jika di gunakan untuk bermain video game. Mengingat bahan-bahan material yang di gunakan dalam pembuatan jenis ini berkualitas rendah, baik dari serat kabel yang mudah putus atau terbakar juga casing berbahan plastik yang tipis.

4.Port USB longgar.
Bagi para gamer yang bermain video game melalui laptop atau pc, port usb yang longgar dapat mengakibatkan rusaknya stick controller. Ini di karenakan arus listrik terjadi kebocoran sehingga stick controller tidak mendapatkan daya suply listrik yang di butuhkan, ini dapat berpengaruh pada komponen yang ada di dalam rangkaian stick controller.

5.Power suply PC atau laptop tidak prima.
Yang sering tidak di sadari bagi para gamer adalah tentang power suply yang di gunakan pada PC, apabila power suply ini tidak cukup bagus kinerjanya bisa mengakibatkan stick controller rusak bahkan sampai berulang kali meskipun sudah membeli yang baru.
Power suply berfungsi untuk mengaliri listrik ke komponen dan hardwere yang ada di dalam komputer, apabila daya listrik yang di butuhkan tidak mencukupi tidak hanya stick controller saja yang bisa rusak tetapi hardwere lainnya. 
Dari pengalaman pribadi apabila pada bagian ini sudah tidak prima lampu led pada stick controller berkedip-kedip dan pada akhirnya mati. Membeli stick controller yang baru secara berulang-ulangpun tidak akan menyelesaikan masalah, kecuali mengganti power suply dengan yang baru, pilih power suply yang di rekomendasikan untuk bermain video game.

6.Listrik dari PLN turun.
Sekali lagi tentang daya atau listrik yang di gunakan, kali ini tidak hanya stick controller dan komputer saja yang bisa rusak tetapi semua piranti elektronik juga bisa rusak jika sumber listrik dari PLN turun, karena sudah pasti semua piranti elektonik tidak mendapat suply listrik yang di butuhkan. Ini juga dari pengalaman pribadi, sudah beberapa kali ganti stick controller tetapi tetap saja tidak berumur lama, padahal untuk power suply sudah di cek dan tidak ada masalah. 
Tidak hanya pelanggan saja yang terganngu waktu bermain game saya pun juga sempat jengkel merasakannya sebelum penyebab ini saya ketahui.

Itulah beberapa penyebab rusaknya stick controller yang pernah saya alami selama menjalankan usaha rental dan seseorang yang suka bermain video game. Untuk beberapa gamer yang mempunyai masalah serupa yang menyebabkan stick controller mudah rusak dan belum saya jelaskan di atas sudi kiranya berbagi di sini agar kita para pecinta game dapat mengantisipasi sebelum masalah timbul pada stick controller kita.

Artikel Terkait

6 Hal Yang Menyebabkan Stick Controller Rusak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email