4 bagian Stick USB Yang Masih Bisa Di Gunakan Jika Rusak

Pasti di antara kita pernah menalami gangguan saat bermain game. Salah satu gangguan yang sering kita alami adalah tidak berfungsinya stick controller. Jika stick controller kita rusak alangkah baiknya kita tidak terburu-buru untuk membuangnya ke tempat sampah.


Karena pada bagian tertentu stick controller atau stik usb masih dapat di gunakan. Karena kerusakan stik usb pada bagian tertentu saja, maka bagian stik usb yang tidak rusak bisa kita gunakan untuk mengganti pada stik usb rusak yang lainnya, istilahnya mengkanibalkan. Bagian-bagian tersebut antara lain:

1.Kabel

Khusus untuk stik usb ,saya belum menemukan toko yang menjual kabelnya saja. Padahal pada bagian ini seringkali mengalami kerusakan yang di sebabkan tidak stabilnya arus listrik atau menggulung kabel dengan cara yang tidak benar. Jadi bila stik usb kita atau punya teman mengalami kerusakan yang bukan pada bagian kabelnya, lebih baik menyimpannya dahulu. Siapa tahu suatu saat kita membutuhkannya.

2.Analog

Meskipun pada bagian ini ada banyak toko yang menjualnya, tapi alangkah baiknya kita memanfaatkan dahulu analog stik usb lain yang rusaknya tidak pada bagian analog controllernya. Kerusakan yang biasa terajdi adalah patahnya tuas pada analog, karena gamer secara tidak sadar telah menekannya terlalu keras. Dan pada umumnya hanya salah satu saja yang mengalami kerusakan. Jadi kita bisa memanfaatkan analog dari stik usb yang lain.

3.Karet tombol

Pada bagian stik usb ada beberapa karet tombol di dalamnya. Bagian ini bisa kita gunakan, tentunya bukan bagian yang rusak. Misal tombol R1 yang rusak, ambil saja karet tombol dari stik usb lain dan memasangnya. Kerusakan pada karet tombol biasanya terjadi karena cara penggunaannya yang di tekan berulang-ulang dalam jangka waktu yang lama hingga karet tombol hilang keelastisannya bahkan berlubang.

4.Casing/body

Untuk casing stik usb khususnya stik usb yang berharga murah mempunyai bahan material dari plastik yang sangat tipis, jadi bila terjatuh saat di gunakan untuk bermain game, pada bagian ini mudah pecah. Dan juga pada bagian ini sering saya temui casing tidak presisi / hilang kerapatannya jika sudah beberapa lama di gunakan, apalagi bila stik usb sudah pernah di buka tutup. Tapi di luar sana banyak merk stik usb dengan merk berbeda dan dengan disain berbeda. Jadi kita hanya bisa memanfaatkan casing dengan merk yang sama saja, tapi untuk stik usb yang mempunyai desain standar dengan warna transparan biasanya sama.

Jadi, kalau bisa untuk berhemat kenapa tidak, meskipun pada umumnya spare parts stik usb mempunyai harga yang murah. Selain menghemat, ada rasa kepuasaan tersendiri jika kita bisa memperbaikinya sendiri.

Artikel Terkait

4 bagian Stick USB Yang Masih Bisa Di Gunakan Jika Rusak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 comments:

May 2, 2016 at 9:16 AM delete

It's a plersuae to find someone who can identify the issues so clearly

Reply
avatar