5 Tips Memilih Stick Controller Untuk PC atau Laptop

Dalam bermain video game peran stick controller sangatlah penting, karena dengan performa stick controller yang baik permainan akan menjadi lebih menyenangkan. Untuk stick controller yang bagus biasanya sudah di sertakan pada saat pembelian sebuah console video game, dan untuk stick controller yang seperti ini biasanya di jual dengan harga yang mahal bila di beli terpisah dengan pembelian sebuah console video game.


Beda halnya bagi seoarang yang memainkan sebuah permainan video game di perangkat computer atau PC maupun laptop, tentu kita tidak mendapatkan sebuah stick controller pada waktu kita membelinya.

Untuk stick controller yang dapat di gunakan di perangkat computer atau PC sangatlah banyak pilihan dan beragam yang di tawarkan di pasaran mulai dengan harga yang murah sampai dengan harga yang mahal. Berikut saya coba berbagi dari pengalaman saya pribadi sebagai seorang yang menjalankan usaha sebuah rental video game khususnya game PC dalam membeli sebuah stick controller.


1.Harga

Sebelum membeli sebuah stick controller pertimbangan pertama tentu saja adalah harga yang sesuai dengan isi kantong kita. Harga sangat menentukan kualitas sebuah produk, semakin mahal harganya baik pula kualitasnya, pun demikian dengan pembelian sebuah stick controller.

Stick controller dengan harga kisaran dia atas Rp 200.000 rupiah merupakan stick controller yang mempunyai kualitas bagus, baik dari segi bahan material yang di gunakan maupun fungsi ataupun fitur yang di berikan terutama saat di gunakan saat bermain video game tidak perlu melakukan banyak settingan lagi dan sudah support dengan berbagai judul game yang baru.

2.Casing body

Bila isi kantong tidak menjangkau untuk membeli sebuah stick controller yang mahal, pemilihan casing body stick controller merupakan pertimbangan pertama saat membeli stick controller berharga murah atau abal-abal.

Pilihlah sebuah stick controller yang mempunyai casing body agak tebal, rapat/presisi dan nyaman di genggaman telapak tangan. selain untuk mengantisipasi bila stick controller terjatuh saat di gunakan saat bermain video game, casing yang tebal dan presisi akan lebih mudah untuk di buka tutup atau di bongkar bila suatu saat nanti stick controller mengalami kerusakan dan memperbaikinya.

3.Kabel

Pilihlah stick controller yang mempunyai kabel berukuran panjang, tebal namun lentur. Kabel yang panjang akan lebih nyaman di  gunakan saat bermain video game karena kita bisa leluasa memilih posisi duduk saat bermain dan tidak saling berhimpitan bila bermain dengan teman.

Kabel yang panjang juga bisa di manfaatkan untuk kedepannya, maksudnya bila stick controller mengalami kerusakan yang di sebabkan hal tertentu dengan memotong sejengkal kabel dari pangkal stick controller masalah dapat di atasi.

Kabel yang tebal biasanya mempunyai ukuran serabut tembaga yang banyak di dalamnya, ini juga bisa memudahkan kita bila suatu saat nanti kita memperbaikinya, dengan serabut tembaga yang banyak akan lebih mudah untuk di pelintir dan di masukkan ke lubang PCB stick controller dan di lakukan penyolderan.

Sedangkan untuk pemilihan kabel yang lentur untuk mengantisipasi pada saat menggulung kabel stick controller yang akan di bawa ke tempat lain atau di simpan. Menggulung kabel yang salah bisa menyebabkan kabel terputus.

4.Tombol

Pilihlah stick controller yang mempunyai tombol rapat atau tidak selip dan dapat memantul dengan baik. Tombol yang rapat dan tidak selip bisa mengurangi suara bising saat menekannya berulang ulang dan tombol yang dapat memantul dengan baik akan nyaman saat di gunakan saat bermain video game.

5.Garansi

Sebelum membeli dan memeriksa satu persatu seperti yang saya sebutkan di atas akan lebih baiknya menanyakan dulu pada pemilik toko tentang ada tidaknya garansi toko bila kita membeli produk yang mereka jual.

 Meskipun kita membeli dengan harga yang murah, sebuah garansi produk sepertinya sudah menjadi hak kita sebagai pembeli. Jadi jangan sampai setelah kita membelinya dan membawa pulang belum apa-apa sudah rusak atau tidak berfungsi dngan sempurna.

Demikianlah yang dapat saya bagi pada kalian yang kebetulan berkunjung di blog saya ini sebagai bahan pertimbangan sebelum membeli sebuah stick controller untuk bermain video game di perangkat computer atau Pc dan laptop.

 Karena dari pengalaman pribadi untuk kualitas stick controller yang di tawarkan di pasaran sekarang ini sudah tidak seperti 5-6 tahun yang lalu. Munculnya merk produk yang baru kualitas stick controller semakin menurun terutama stick controller dengan harga kisaran Rp 50.000 an. Bila di antara kalian ada tips lain selain yang saya sebutkan di  atas boleh menambahkannya di kolom komentar untuk berbagi.

Artikel Terkait

5 Tips Memilih Stick Controller Untuk PC atau Laptop
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

2 comments

October 24, 2016 at 8:02 PM delete

bg untuk guna ftur turbo,auto,mode,clear, apa sih gunanyai

Reply
avatar
January 9, 2017 at 8:34 PM delete

klw stik yg biasa ssprtinya tdk ada
CMIIW

Reply
avatar