Analog

Analog merupakan bagian dari sebuah stick controller,beda dengan dulu hampir semua stick jaman sekarang mempunyai sebuah analog. Kalau di jaman dulu stick controller hanya terdiri dari buah tombol saja. karena perkembangan sebuah permainan video game sebuah controller pun ikut menyesuaikan. Di mana permainan video game semakin luas jalan ceritanya yang tentunya membutuhkan pergerakan yang dinamis pula,apalagi untuk game sekarang mempunyai grafis 3 dimensi. Untuk itulah sebuah analog controller di sematkan dalam sebuah gamepad.


Seperti yang kita tau analog ini berfungsi untuk mengerakan jalan sebuah karakter yang ada di dalam game. Biasanya berfungsi untuk perintah jalan maju,mundur, ke kanan dan kekiri sedangkan analog yang lain sebagai kombinasi kamera atau sudut pandang karakter game, untuk melihat ke berbagai arah. Tidak hanya itu masih banyak pula fungsi lainnya dari sebuah anaolg tergantung jenis game yang di mainkan.

Pada bagian analog ini sering terjadi kerusakan, mengingat fungsinya gamer biasanya tidak sadar telah menekannya terlalu keras. Kerusakan yang sering terjadi biasanya patah pada tuas analog, karena pada tuas inilah bagian yang mendapat tekanan paling besar.

Selain patah pada tuas analog kerusakan yang terjadi hanya berupa tidak lancarnya analog jika di gerakkan atau di putar (seret) dan juga tuas analog tidak kembali pada posisi di tengah setelah di gerakkan ke arah tertentu.Rusaknya sebuah analog juga bisa di lihat saat di gunakan untuk bermain, di mana untuk karakter di dalam game atau cursor untuk memilih menu bergerak sendiri tidak beraturan.

Untuk memperbaikinya mau tidak mau kita harus menggantinya dengan yang baru. Untuk sebuah analog harganya cukup murah sekitar lima ribuan saja. Untuk sparepats  atau onderdil ini bisa di beli di toko game dan aksesoris Playstasion, karena analog stick usb dan stick playstasion khususnya ps2 bentuk dan fungsinya sama.

Ada dua jenis analog di pasaran, yang pertama terbuat dari besi dan kedua dari plastik. Untuk memebedakannya bisa di lihat pada tuasnya, untuk yang besi tuas terbuat dari besi sedangkan analog plastik tuasnya terbuat dari plastik. Dari segi kualitas lebih baik yang terbuat dari besi, karena kuat tidak mudah pecah saat di gunakan.

Analog ini merupakan komponen yang mempunyai 14 kaki, bentuknya kotak terdapat tuas di tengahnya, tuas inilah yang bisa di gerakkan secara dinamis.Di ujung tuas terdapat sebuah bantalan  yang terbuat dari plastik atau karet untuk menopang ibu jari saat di gunakan atau di gerakkan.

Artikel Terkait

Analog
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 comments:

May 2, 2016 at 8:27 AM delete

Of the panoply of website I've pored over this has the most veayictr.

Reply
avatar