Casing Stick Controller

Casing merupakan bagian dari stick controller yang berfungsi sebagai wadah rangkaian elektronika seperti papan sirkuit atau PCB dan juga komponen lain seperti analog controller dan juga karet tombol. Untuk bentuknya berbeda-beda tergantung merknya, pada sebagian merk mempunyai desain khusus yang mencirikhaskan produknya.

Untuk casing stick usb atau stcik ps2 kualitas kw biasanya mempunyai desain yang sama, bentuknya seperti huruf “H” di mana terdapat dua pegangan yang pas di genggam telapak tangan dan ada beberapa lubang untuk analog dan tombol.


Casing stick usb pada umumnya berwarna transparan dan berwarna hitam, untuk warna hitam menyerupai dengan stick ps2. Stick yang mempunyai warna seperti ini biasanya mempunyai ketebalan yang tipis, sehingga jika di gunakan dalam beberapa bulan nampak berubah bentuk dan warnanya, apalagi kalau terjatuh mudah sekali pecah. Selain pecah karena terjatuh rusaknya casing juga bisa terjadi karena pengguna menekannya terlalu keras, biasanya penyangga bagian dalam berupa papan pcb yang berfungsi sebagai penyangga tombol R1,R2,L1,L2 pecah atau patah.

Untuk mengganti casing yang rusak pada stick usb warna transparan dan hitam kita perlu casing dari stick lain yang rusak, tapi yang rusak bukan pada casingnya. Jadi casing dari stick yang lain di pasang ke stick yang pecah tadi atau istilahnya mengkanibalkan. Kenapa harus seperti itu? Karena pada bagian ini tidak ada toko yang menjualnya, jadi mau tidak mau kita harus memanfaatkan stick lain yang rusak.

Beda dengan stick usb untuk casing stick ps2 bisa di beli di toko yang menjual game dan aksesoris playstasion. Tapi selama ini saya pribadi belum pernah membeli casing stick, selama ini masih memanfaatkan dari stick lain yang rusak, karena jika terjadi kerusakan yang sudah parah dan tidak bisa di perbaiki saya menyimpannya untuk jaga-jaga jika terjadi stick terjatuh dan pecah atau karena penyebab lainnya. Lumayan bisa untuk menghemat pengeluaran. Lalu bagaimana dengan stick usb yang mempunyai desain khusus? Mau tidak mau jika mau mengganti kita juga harus punya stick yang merknya sama.

Artikel Terkait

Casing Stick Controller
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

1 comments:

May 2, 2016 at 8:36 AM delete

Right on-hits helped me sort things right out.

Reply
avatar