Pengalaman Komputer Mati Sendiri Saat Main Game

Seminggu ini saya di pusingkan dengan komputer milik saya yang jika di gunakan komputer mati sendiri saat main game.Untuk gejalanya sebenarnya sudah saya rasakan, di mana waktu bermain game kadang keluar sendiri dari mode permainan tapi tidak sampai game mengalami gagal respon atau not responding. Mode game secara tiba-tiba meminimize, setelah icon game pada taskbar di klik game bisa kembali pada mode fullscreen, cuma bedanya sound tidak mau keluar.


Lambat laun game tidak hanya meminimize, tapi juga sudah mulai keluar dari program dan juga not responding. Meski keadaan sudah seperti itu masih saja saya gunakan untuk bermain game. Hingga pada akhirnya komputer mengalami restart sendiri ,dan setelah beberapa hari kemudian komputer mati saat di gunakan untuk bermain game, itupun dalam beberapa menit saja.

Komputer atau pc saya buka untuk mengecek apa yang terjadi. Setelah pc saya nyalakan tidak ada respon sama sekali, kipas pendingin tidak berputar. Dugaan pertama trouble yang terjadi pada power suplynya. Sebelum membeli power suply baru saya coba dengan power suply dari komputer milik saya yang lain. Setelah terpasang dan nyalakan komputer mau menyala dan sempat di coba untuk bermain game.

Esoknya saya membeli power suply baru dengan daya 500 watt merk Exstream dan memasangnya di komputer yang rusak. Setelah terpasang dan coba menyalakan ternyata komputer tidak mau menyala, dugaan saya power suply tidak bagus atau kebetulan pas waktu membeli saya dapat yang rusak. Karena pemilik toko mengatakan ada garansi selama 6 bulan saya masih tenang. Sekali lagi saya coba dengan power suply dari komputer lain.

Untuk kali ini komputer masih mati tidak ada respon sama sekali meski sudah di coba dengan power suply dari komputer yang dulunya saya gunakan untuk mengujinya. Karena keadaan komputer sudah terbuka semua saya coba sekalin power suply (PSU) yang baru saya beli ke komputer yang sehat. Dan ternyta komputer mau menyala, jadi PSU yang saya beli tidak rusak, dugaan selanjutnya yang rusak adalah pada bagian motherboardnya.

Untuk mengecek saya lepas RAM terlebih dahulu lalu komputer di nyalakan, sama , tidak ada respon sama sekali bahkan tidak terdengar suara “bep”. Setelah itu saya lepas VGA Card, sama saja tidak ada respon atau suara bep. Jadi? Fix motherboard komputer yang rusak (dalam hati). kepala mulai agak pening mengingat yang rusak bagian ini. Karena biasanya kalau yang rusak pada bagian motherboarnya mau tidak mau harus ganti, dan bisa jadi kalau tidak menemukan mobo yang sejenis ganti pula hardware lainnya.

Untuk mencari servis komputer yang khusus memperbaiki motherboardnya saja susah di temukan, kebanyakan mereka menawarkan untuk menggantinya dengan yang baru, atau baru tapi second. Pada hari berikutnya saya berburu motherboard yang sejenis seperti yang saya miliki. Singkat cerita saya pun menemukan dan membeli mobo yang sejenis, ternyata untuk mobo seperti yang saya miliki masih bayak yang menjual, padahal tergolong barang type lama, untuk hargapun banyak pilihan dari yang murah sampai mahal.

Motherboard baru sudah terpasang, begitupun juga dengan ram, vga card, kipas dan hardisk saya pasang sekalian. Kabel power saya colokan ke stop kontak listrik lalu tombol power pada pc saya nyalakan dan...komputer mau hidup, kipas berputar, vga card juga berfungsi ,selanjutnya saya coba sambungkan ke layar monitor, untuk awal booting terasa berat dan lamban, tapi paling tidak sudah ada tanda-tanda komputer pulih seperti sedia kala. Sebelum di coba untuk bermain ada yang lupa kalau harus instal driver motherboardnya, karena mobo yang baru beda merknya.

Karena harus instal driver mobo saya instal ulang windowsnya sekalian, karena komputer sudah sering cras dan mati berulang kali dengan cara yang tidak benar saya menganggap OS sudah tidak berjalan dengan baik. Setelah semua selesai melakukan pengistalan baik game dan driver mobo maupun update driver untuk vga cardnya, pc saya gunakan untuk bermain game Pro evolution Soccer atau PES.Dan lega saya rasakan setelah game kesayangan bisa di mainkan kembali.

Ups...ternyata baru main selama 4 menitan komputer mati lagi, dan galaupun melanda lagi. Saya coba berulang kali untuk bermain dan mati lagi mati lagi. Apa mungki prosesornya juga rusak?, karena biasanya untuk prosesor adalah bagian komputer yang paling lama rusaknya. Setelah browsing di Google bagaimana cara mengecek prosesor komputer yang rusak, proci pun saya coba cek, meskipun dalam hati ada keraguan tentang mobo yang saya beli. Tapi seandainya salah kenapa komputer sempat menyala saat di hidupkan.

Setelah di cek beberapa kali type mobonya baik type socket, slot dan lain sebagainya saya yakinkan kalau saya benar dengan membeli motherboard tersebut. Dan seperti yang di anjurkan pada eyang Google untuk mengecek prosesor dengan melihat suhu panas yang di hasilkan pada waktu komputer bekerja. Untuk melihat berapa suhu bisa di lihat dari setting bios saat komputer sebelum melakukan booting. Tapi karena saya ingin tahu secara bersamaan berapa suhu prosesor bekerja saat menjalankan program komputer, saya instal software untuk memantau suhu prosesor.

Suhu prosesor terbaca kisaran 540C – 600 C pada posisi stand by tanpa menjalankan program. Sebelum melanjutkan menjalankan program atau game, saya coba mencari berapa kira-kira suhu prosesor di katakan panas. Setelah di ketahui untuk prosesor yang saya miliki jika suhu mencapai 710 C berarti proci sudah sangat panas dan sistem akan melakukan atau mengalami shut down atau mati.

Akhirnya komputer di coba untuk bermain game PES dengan mode windows display, di mana dalam mode ini layar tidak full jika game di mainkan, layar game bisa di minimize dan taskbar bawah bisa terlihat. Untuk memantau game dalam mode windows screen saya letakkan pada bagian bawah, sedangkan box software untuk memantau panas suhu proci saya letakkan di depan, jadi menumpuk dan menghalangi layar game. Setelah memainkan game beberapa saat nampak angka suhu berubah, dan lama kelamaan menjadi naik bahkan sampai 850 C lalu komputer mati selang 4 menit.

Karena untuk proci yang satu ini harganya lumayan mahal apalagi sudah keluar banyak biaya, saya coba mengganti kipas prosesor atau heatsinknya terlebih dahulu, mungkin saja jika di ganti suhunya bisa dingin. Pasta prosesor yang sudah mengering juga saya ganti di hari berikutnya. Lalu setelah semua selesai saya coba kembali untuk bermain game dan memantau suhunya. Ternyata ada perubahan suhu setelah di ganti kipas dan pasta procinya.

Pada posisi stand by tanpa menjalankan program suhu di kisaran 450 C – 540 C, lalu di coba untuk bermain game dan pada mode yang sama suhu maksimal pada 740 C, game dapat di nikmati selama 15 menit setelah itu komputer mati lagi. Setelah diam beberapa saat untuk istirahat menghilangkan dehidrasi dan stres saya ingat kalau punya prosesor dari mobo yang sudah lama mati dan kebetulan sesuai dengan motherboard yang baru.

Tanpa berlama-lama lagi prosesor lama saya pasang untuk menggantikan prosesor di komputer yang bermasalah. Tidak lupa mengganti pasta yang mengering dengan yang baru. Lalu di coba untuk bermain game kembali, oh ya untuk suhu terpantau 400 C- 500 C sebelum menjalankan game, setelah game di jalankan untuk bermain suhu maksimal di kisaran 600 C, dan mulai saat itu game dapat di mainkan selama 3 jam. Dan sampai sekarang game biasa di mainkan sampai 4jam lebih, komputerpun tidak mati, dan semoga saja permasalahan sudah selesai komputer tidak mati lagi, sehat walafiat.

Komputer yang saya miliki masih tergolong low end untuk bermain game, tapi meskipun begitu sudah bisa menikmati game seperti GTAV, FARCRY dan tentu saja PES 2016 dalam kualitas grafik pada mode low. Berikut spesifikasi komputer sebelum di ganti :

Prosesor Core 2 Quad Q9550, PSU Enlight pure 420 watt, motherboard Asus P5Q turbo, 3X2 Giga slot  Ram ddr2, VGA Card Nvidia GT420.

Setelah rusak di ganti dengan : Prosesor Dual Core E5400, PSU Exstream 500 watt, motherboard Gigabyte G41M-Combo, 2X2 Giga Ram, VGA Card Nvidia GT420.

Dugaan sebelum komputer mati sendiri saat bermain game adalah sering matinya listrik dari pusat, dalam hal ini PLN, entah sudah berapa kali listrik mati saat komputer sedang di gunakan, selain itu power suply yang sudah tidak sehat apalagi waktu menggunakan PSU ini komputer terasa nyetrum saat di nyalakan. Mungkin kedua alasan inilah kenapa komputer mati dan harus ganti beberapa hardwarenya. Itulah pengalaman memperbaiki komputer yang mati saat di gunakan untuk bermain game, cukup melahkan bagi saya yang di bekali sedikit ilmu komputer, di perlukan juga keberanian untuk melakukan semau itu,apalagi untuk pemilihan motherboard yang sesuai.

Artikel Terkait

Pengalaman Komputer Mati Sendiri Saat Main Game
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email

11 comments

May 2, 2016 at 8:10 AM delete

Why does this have to be the ONLY rebilale source? Oh well, gj!

Reply
avatar
February 12, 2017 at 9:10 AM delete

Ceritanya kok hampir sama Wkwkkwk... Mantaap Gan

Reply
avatar
February 12, 2017 at 9:19 AM delete

Inti dari cerita diatas Cuma diganti pasta hidup kembali
Mantaap Gan mantaap..
Wkwkwk

Reply
avatar
April 4, 2017 at 10:36 PM delete

Saya juga sm gan kalo standy pc ga mati, pas di mainkan game bru beberapa menit langsung mati, apa harus ganti heatsink baru ya

Reply
avatar
April 5, 2017 at 9:42 AM delete

perlu di cek satu satu terlebih dulu menurut saya. karena masalah PC yang error itu gejalanya hampir sama semua :)

Reply
avatar
June 24, 2017 at 12:04 PM delete

bro pc ane mati juga, matinya kalau abis main game spt dota 2 10 mnt kemudian pc ane mati tapi led power nyala tapi kaya fan mati itu ada solusinya ga bro ???

Reply
avatar
June 24, 2017 at 10:09 PM delete

masalah nya sama kayak saya mas,thanks membantu

Reply
avatar
July 13, 2017 at 10:26 PM delete

sprti jwban sy sblmnya pada komen di atas, untk pc gejala hampir mirip semua hrs di cek satu2
1. coba lepas vga card dulu, semntara pake vga onboard, gunakan pc untk aktivitas biasa..klw mati dlm 10 menitan berarti bkn vga card yg bermasalah, tpi yg lain...tpi klw nyala normal bisa jdi vga card sdh loyo,,sblm ganti baru coba bersihkan dlu vga dr debu,biasanya pd bagian kipas..pada bagian pin bisa di bersihkan dgn penghapus pensil,,periksa jg pasta ic vga card sp tau kering,,sy pernah lakukan ini dn berhasil.
2. jk vga card di lepas tpi pc masih mati, cek RAM nya, lepas dlu dan bersihkan slot ram, bersihkan pin ramdgn penghapus lalu pasang kmbali, klw nyala ya berarti ram nya yg buat pc moti,,klw ttp mati lgi coba dgn ram baru,,klw mati lagi periksa bagian lain...begitu seterusnya.
biasanya klw saya jika vga,ram dan proci sdh bersih dan mengganti pasta pc nyala..tpi klw masih mati kemungkinan besar mobo yg rusak.
cttn: power suply normal
mngkin kurang lngkap jwbannya,tpi smoga membantu :)

Reply
avatar
October 18, 2017 at 7:48 PM delete

Wah intinya ganti prosesor dong...

Reply
avatar
October 18, 2017 at 7:49 PM delete

Saya juga swalnya baru ngalamin pc restart mulu...

Reply
avatar