Cara Merekam Layar Laptop Komputer

Merekam layar laptop komputer kadang di perlukan untuk bahan pelengkap sebuah tutorial, tidak hanya pengambilan gambar tapi juga ativitas pergerakan yang ada di laptop komputer. file yang di dapat nanti bisa berupa sebuah gambar atau screenshot, audio bahkan video.  banyak software atau aplikasi perekam layar laptop komputer bisa di temukan di internet baik yang gratis maupun berbayar,tapi setelah mencoba beberapa di antaranya saya menentukan pilihan software atau aplikasi perekam layar laptop komputer yang bernama Action! dari mirillis.

Aplikasi ini saya perlukan untuk kegiatan merekam permainan video game yang hasilnya saya upload di Youtube. dan aplikasi atau software ini menurut saya yang paling lembut untuk merekam sebuah permainan video game terutama game berat. sebelumnya saat memakai aplikasi lain game berjalan tersendat sendat saat di rekam, padahal spesifikasi komputer terbilang cukup,baik untuk menjalankan game dan juga menjalnkan aplikasi perekam layar monitor laptop komputer tersebut.

Software aplikasi perekam layar laptop komputer Action! mirillis dapat di unduh di : SINI

Yang menarik dari aplikasi perekam layar laptop komputer Action! mirillis

Aplikasi ini dapat merekam layar dengan kualitas HD. tidak hanya merekam, aplikasi ini juga bisa untuk capture screenshot,record audio, dan yang paling saya suka tentu saja untuk rekam gameplay video game. ada pilihan khusus di dalamnya, dengan memilih fiture ini perekaman gameplay bisa di lakukan dengan mudah.

Antar muka dari Action! mirillis ini juga cukup simple dan mudah di pahami untuk penggunaannya. meskipun begitu tampilan dari aplikasi ini cukup keren dan stylish

Untuk hasil perekaman gameplay bisa di export menjadi format mp4 atau avi. untuk ukuran video bisa di sesuaikan dengan ukuran original, ukuran 1080p sampai yang terkecil 240p. framerate dan durasi juga dapat di sesuaikan dengan keinginan kita.

Cara Merekam Layar Laptop Komputer

Mengingat besarnya size hasil perekaman sebuah gameplay video game tentunya di butuhkan sebuah hardisk yang mempunyai kapasitas besar pula agar dapat menampung pekerjaan kita. lalu bagaimana jika kita ingin upload hasil perekaman gameplay tadi yang ukurannya besar sampai bergiga-giga? pasti akan boros kuota internet. jangan khawatir hasil rekam tadi yang ukurannya besar bisa di convert atau di ubah lagi ke ukuran yang sesuai dengan resolusi Youtube. ada beberapa pilihan dan terserah teman-teman nanti pilih yang mana. yang jelas ukuran jauh berkurang.

Pada bagian setting terdapat beberapa pilihan yang dapat di lakukan, antara lain general setting untuk tampilan aplikasi waktu di jalankan. aplikasi mau di tampilkan di depan pada layar windows atau tidak, check update, menyembunyikan aplikasi waktu di jalankan dan lain-lain.  

Untuk pengaturan audio pilih pada icon pengeras suara, di situ terdapat beberapa pengaturan audio atau audio device. pemilihan microphone yang di gunakan, keseimbangan suara antara suara game dengan suara kita dan lain-lain.

Tak lengkap rasanya jika merekam gameplay video game tanpa reaksi atau ekspresi kita saat memainkannya. agar bisa menampilkan diri atau wajah kita lakukan setting pada web cam setting. terdapat pilihan berupa record mode, pilihan web cam atau web cam yang akan di gunakan, posisi gambar saat memainkan game,mau di taruh pojok kanan atas atau pojok kiri bawah dan lainnya. serta ukuran video yang dapat di perbesar atau di perkecil ukuran layarnya.

Kalau dalam menjalankan game dengan merekam menggunakan aplikasi ini mengalami ngelag,bisa pilih mode aktive screen saja yang di tengah samping gambar gamepad untuk mode game aplikasi. tapi dalam game jangan disetting full screen tapi windows screen. ini terjadi pada komputer PC teman saya yang spesifikasinya rendah. kekurangannya tentu taskbar windows juga ikut terekam. tapi hal itu juga dapat di siasati dengan menyembunyikan taskbar windows. begitulah cara saya merekam layar laptop komputer untuk gameplay video game.

Artikel Terkait

Cara Merekam Layar Laptop Komputer
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email