14 Cara Menghemat Baterai Handphone Android Tanpa Aplikasi

Baterai merupakan bagian penting dalam sebuah perangkat smartphone. karena pada bagian ini berfungsi sebagai pemberi daya listrik guna bisa menjalankan semua aktifitas komponen, hardware dan bagian lainnya sehingga sebuah smartphone bisa berjalan dengan normal.

Hampir setiap hari dan sepanjang waktu kita tidak bisa lepas dengan yang namanya smartphone. karena perangkat ini dapat membantu dan mempermudah pekerjaan kita sehari - hari. Oleh karena itu kita membutuhkan sebuah smartphone yang di dukung dengan ketahanan sebuah baterai di dalamnya.

Menghemat Baterai Handphone Android

Sampai saat ini baterai masih menjadi sebuah masalah bagi pabrikan ponsel. Mereka berusaha mewujudkan sebuah smartphone yang dapat memenuhi kebutuhan penggunanya khususnya pada bagian baterai. mereka berusaha mencari cara membuat baterai android tahan lama.

Tentu kita sangat menginginkan sebuah ponsel pintar yang mempunyai daya baterai yang tahan lama. Karena dengan begitu kegiatan dan pekerjaan kita tidak terganggu. selain dapat menyimpan daya listrik yang besar, ukuran baterai yang tipis dapat menjadikan sebuah smartphone mempunyai desain yang cantik dan bergaya. Selanjutnya dari segi keamanan baterai. Tentu kita juga ingin baterai yang ada di dalam ponsel aman bebas dari bahaya apapun. Karena sampai saat ini masih di jumpai baterai sebuah ponsel meledak.

Untuk solusi sebuah baterai ponsel yang hanya berdaya rendah kita dapat menggunakan powerbank sebagai baterai tambahan. Tapi karena bentuknya yang besar kadang merepotkan. Selain itu kita juga bisa menggunakan sebuah aplikasi yang dapat di unduh pada smartphone. 

Tapi terkadang kita ragu apakah aplikasi tersebut benar-benar dapat berfungsi, atau juga kita tidak bisa menggunakan aplikasi tersebut. Berikut 14 cara yang dapat kita lakukan agar baterai lebih awet dan tahan lama tanpa menggunakan aplikasi. kalau kamu tahu dan tidak tertulis dibawah bisa di tulis dan di bagi pada kolom komentar :
  1. Atur tingkat kecerahan layar handphone. jika di dalam ruangan setting pada tingkat yang rendah namun cukup terlihat.
  2. Matikan Bluetooth, WI-FI, GPS Service. kadang pada bagian ini kita sering lupa menonaktifkannya setelah di gunakan.
  3. Gunakan wallpaper static atau wallpaper gambar biasa, bukan wallpaper animasi
  4. Cukup pasang widget yang di rasa paling perlu di gunakan pada homescreen handphone.
  5. Kurangi backlight time
  6. Keluarkan aplikasi yang tidak terpakai dengan task manager
  7. Hilangkan mode getar dan bunyi untuk papan ketik
  8. Matikan data internet jika koneksi sedang lemot jika tidak dalam keadaan penting
  9. Matikan fitur sync. meskipun nanti tidak dapat menerima notifikasi tapi masih bisa melihat update terbaru dengan membuka aplikasi yang di inginkan.
  10. Alihkan koneksi internet handphone jika ada wi-fi yang dapat di gunakan di sekitar kita. karena WI-FI biasanya mempunyai kecepatan internet yang cepat dan stabil.
  11. Atur waktu tidur layar handphone. dengan mensetting waktu yang pendek layar handphone akan mati beberapa detik jika sudah tidak ada aktifitas pada layar handphone.
  12. Aktifkan save baterai atau hemat baterai jika di dalam handphone terdapat fitur tersebut.
  13. Aktifkan mode pesawat jika kita benar - benar sibuk dan tidak ingin di ganggu.
  14. Matikan handphone sebelum kita pergi tidur.
Itulah 14 cara yang dapat kita lakukan untuk menghemat baterai handphone android agar lebih tahan lama tanpa menggunakan aplikasi.

Artikel Terkait

14 Cara Menghemat Baterai Handphone Android Tanpa Aplikasi
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email