Upgrade Lenovo a6000 Ke Lollipop Kraft S062

Sebelumnya tidak menyangka kalau lenovo a6000 sudah mencapai ke OS Lollipop kraft S602. sudah lama sejak downgrade ke kitkat tidak melakukan cek pembaruan software di handphone kesayangan. karena jika sudah melakukan downgrade tidak dapat di upgrade melalui OTA. karena dalam melakukan downgrade harus menggunakan recovery dari luar seperti TWRP.

Alasan kenapa saya melakukan downgrade ke kitkat karena dulu setelah melakukan upgrade ke lollipop handphone malah berjalan tidak optimal. sering lag tidak hanya untuk menjalankan aplikasi ringan tapi juga untuk menjalankan game.


Setelah melakukan downgrade handphone berjalan dengan normal kembali. tapi seiring berjalan waktu untuk OS kitkat ada beberapa aplikasi di Google Playstore yang tidak dapat digunakan. untuk bisa menggunakan di perlukan root handphone, contohnya aplikasi untuk perekam layar handphone android. aplikasi ini sangat saya butuhkan untuk membuat video tutorial ataupun merekam permainan game.

Sebelum bisa melakukan upgrade ke lollipop 5.0.2 kraft S062 handphone saya flashing terlebih dahulu.karena sebelumnya saya gagal merubah twrp kitkat ke twrp lollipop begitu juga merubah ke stok recovery. handphone lenovo a6000 malah menjadi hang tidak dapat di fungsikan. berhenti pada logo lenovo.

Setelah berhasil melakukan flashing handphone kembali ber OS kitkat dengan stock recovery bawaan. selanjutnya tinggal upgrade ke lollipop. karena untuk upgrade langsung melalui ota tidak bisa. Saya kemudian mencari firmware untuk OS Lollipop. yang saya temukan adalah firmware kraft - a6000 S061 belum S062.

Berikut adalah hal yang di perlukan sebelum saya upgrade lenovo a6000 ke lollipop kraft S602 


  1. Backup atau simpan file penting yang ada di dalam handphone khususnya yang ada di memori internal seperti foto, video dan file lainnya.
  2. Baterai dalam keadaan cukup, kalau bisa di isi penuh untuk menghindari kekurangan daya saat penginstalan. 
  3. Hp lenovo a6000 harus sudah ber OS lollipop 5.0.2
  4. Bagi yang menggunakan TWRP rubah dulu ke stok recovery
  5. Pastikan usb driver lenovo a6000 sudah terinstal di laptop/komputer. jika belum cari dan download lalu instal.
  6.  Download file Stock ROM Kraft-A6000_S061_160727_WCB52C02E0.zip. 
Maaf tidak menyertakan link download, untuk mendapatkan usb driver dan Stock ROM Kraft-A6000_S061_160727_WCB52C02E0 bisa di cari di Google dengan mengetik keyword tersebut.
Sebelum ke kraft S062 saya lakukan upgrade ke kraft S061 dengan cara berikut :




  1. Setelah berhasil mendownload Stock ROM Kraft-A6000_S061_160727_WCB52C02E0.zip ekstrak/ unzip file tersebut.
  2. Hubungkan hp lenovo a6000 ke laptop/komputer dengan kabel usb, kalau bisa kabel bawaan.
  3. Copy file System.zip dan IndoneisaOta.zip ke SD card
  4. Sebelum mencabut kabel usb lebih baik cek dulu memory eksternal / SD Card , apakah file sudah tersimpan.
  5. Jika file sudah tersimpan baru cabut kabel usb yang terhubung antara handphone dan laptop
  6. Matikan handphone dengan menekan tombol power, biarkan beberpa lama jangan lansung menghidupkan. 
  7. Masuk ke mode recovery dengan menekan tombol vol+ , vol - dan tombol power secara bersamaan. lepaskan tombol jika handphone sudah bergetar.
  8. Pada menu recovery pilih menu apply update from sd card, arahkan ke file System.zip kemudian tekan tombol power untuk memulai proses update
  9. Setelah berhasil di update dan masuk ke homescreen lakukan lagi langkah ke 6 dan 7 untuk masuk ke menu recovery.
  10. Untuk kali ini pilih apply update from sd card pilih IndonesiaOta.zip, tunggu hingga proses selesai.
  11. Sekarang handphone lenovo a6000 sudah update ke kraft S061, kamu bisa cek di pengaturan > tentang ponsel > informasi perangkat, di situ di terangkan tentang informasi perangkat kita.
  12. Untuk melanjutkan upgrade ke lollipop kraft - S602 masuk ke pengaturan > tentang ponsel > pembaruan sistem. untuk cek pembaruan firmware dibutuhkan koneksi internet. download pembaruan sistem ke kraft - S602 dengan ukuran 70 MB, tunggu hingga proses selesai.
  13. Kini handphone Lenovo a6000 sudah berhasil di upadate. karena perangkat agak panas hp saya diamkan dahulu karena mungkin saja hp lelah. baru setelah itu saya lakukan wipe data/factory reset dan wipe cache partition agar perangkat benar-benar bersih, meskipun file yang di dalam memori internal ikut terhapus. ( tidak masalah karena sudah di backup )
Yang saya rasakan setelah berhasil upgrade ke kraft - S602 perangkat terasa lebih lembut saat di operasikan, beda waktu upgrade ke lollipop pertama kali. tampilan juga lebih bersih dan indah. dan yang pasti banyak aplikasi yang mendukung dengan OS Lollipop seperti aplikasi perekam layar android yang saya butuhkan tanpa harus melakukan root. 

Penting!!!: admin tidak bertanggung jawab jika terjadi kehilangan data dan juga gagalnya proses update yang bisa menyebabkan perangkat tidak berfungsi. admin hanya berbagi dari pengalaman pribadi dalam proses upgrde hp lenovo a6000 ke kraft - S062 dan berhasil.




Artikel Terkait

Upgrade Lenovo a6000 Ke Lollipop Kraft S062
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email